September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Jan 31, 2011

Tips Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Bagi Anda yang memiliki laptop, merawat laptop adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tentu untuk menjaga kebersihan sekaligus membuat laptop menjadi lebih tahan lama/tidak cepat rusak.
Laptop sama halnya dengan barang elektronik lain yang bisa rusak dengan cukup mudah. Karena itu, Anda harus berhati-hati memperlakukan barang yang satu ini. Walau laptop dirancang sebagai barang eletronik yang mudah dibawa, namun Anda tidak bisa membawanya begitu saja tanpa perlakuan khusus.
Bagaimana Merawat Laptop yang Baik?
Agar laptop tahan lama, Anda bisa menerapkan tips-tips merawat laptop berikut ini.
• Kenali laptop Anda dengan baik, itu yang paling penting. Tidak sama seperti komputer desktop/komputer biasa, laptop sebaiknya tidak digunakan dalam waktu lama atau sampai berjam-jam.
Bila Anda memang membutuhkan laptop untuk bekerja dalam waktu yang sangat lama, sebaiknya beli laptop dengan kualitas dan spesifikasi yang sangat bagus.

• Gunakan “cooler” atau pendingin laptop berupa kipas yang diletakkan di sisi bawah laptop (seperti dudukan laptop). Hal ini membantu untuk menjaga laptop tidak terlalu panas.

• Letakkan laptop pada permukaan yang rata. Bila diletakkan di permukaan yang mudah berubah bentuk (kasur atau bantal), dikhawatirkan lubang saluran udara panas yang ada pada bagian bawah laptop akan terhambat, hal ini tentu membuat laptop cepat panas.

• Usahakan selalu menggunakan laptop di tempat yang sejuk atau tidak dibawah matahari langsung, karena hal ini kadang bisa mempengaruhi LCD atau layar laptop.

• Hindari kontak langsung dengan LCD, seperti menyentuh dengan tangan. Ini merupakan salah satu cara merawat laptop agar LCD tidak cepat rusak.
Sebaiknya gunakan plastik sejenis mika untuk menutupi LCD, sehingga LCD tidak mudah kotor.

• Jangan menaruh benda-benda berat di atas laptop, karena hal ini umumnya bisa merusak LCD dengan sangat mudah.

• Hindari laptop dari getaran/guncangan keras. Bila Anda ingin membawa laptop, sebaiknya masukkan ke dalam tas laptop untuk meminimalisir benturan laptop dengan benda keras.

• Saat laptop menyala, sebaiknya Anda tidak menggerakkan atau memindah-mindahkan laptop tersebut. Tips merawat laptop yang satu ini berguna agar hardisk laptop tidak cepat rusak.

• Bersihkan laptop dengan kapas lembut atau kain lap yang halus agar permukaan laptop tetap bersih dari debu.

• Cara merawat laptop yang lain terletak pada baterainya. Bila di dekat Anda ada listrik, sebaiknya lepas baterai dan gunakan listrik langsung untuk menyalakan laptop.

• Bila baterai laptop hampir habis, sebaiknya segera matikan laptop dan charge dalam keadaan mati. Saat baterai sudah terisi penuh (terlihat dari tanda lampunya), segera matikan listrik/cabut kabel charge. Ini merupakan cara merawat baterai laptop agar baterai bisa lebih tahan lama.

• Cara merawat laptop tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Berhati-hatilah dengan virus komputer yang saat ini begitu banyak beredar, khususnya lewat internet. Gunakan antivirus yang baik dan selalu ter-up date agar virus tidak mudah menyerang.

• Bila Anda ingin menyimpan laptop dalam waktu yang lama, simpanlah laptop Anda dalam kotak tertutup yang sudah disediakan silica gel (penyerap kelembaban) yang bisa didapat di toko bahan kimia.

• Bila Anda sedang makan, minum, atau merokok, sebaiknya menjauhlah dari laptop untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

• Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat dan sinyal ponsel yang radiasinya bisa menurunkan kinerja laptop.
Itulah beberapa tips merawat laptop agar selalu dalam keadaan baik dan tahan lama. Yang juga harus diperhatikan adalah belilah laptop sesuai kebutuhan Anda. Bila Anda bekerja dengan software atau program yang “berat”, sebaiknya gunakan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi, begitu pula sebaliknya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It