September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Feb 7, 2012

Lebih Dekat dengan PKM GT dan AI

Apa itu PKM?

Menurut buku Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2011, “PKM itu adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat  (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.” Dalam bahasa yang lebih mudah  PKM adalah suatu lomba dalam berbagai bentuk (penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis) yang diselenggarkaan oleh dikti untuk mengakomodir hasrat intelektual mahasiswa.

PKM memiliki cakupan yang luas seperti yang sudah dikatakan di atas. Sejak tahun 2011, PKM sudah terbagi menjadi 7 cabang. Lima cabang sudah dilakukan seleksinya terlebih dahulu yaitu PKM Penelitian, PKM Teknologi, PKM Karsacipta, PKM Pengabdian Masyarakat, serta PKM Kewirausahaan. Seleksinya sudah berakhir pada bulan Oktober 2011 lalu. Nah tapi buat warga teknik yang masih penasaran dengan PKM, masih ada 2 kategori PKM yang belum belum ditutup pendaftarannya (karena memang baru di buka, hehehe) yaitu PKM Gagasan Tertulis dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-GT dan PKM-AI).

Apa itu PKM GT dan PKM AI?


PKM GT

“PKM GT merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu actual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya piker yang cerdas dan realistic”

Intinya PKM GT adalah suatu bentuk karya tulis hasil pemikiran kalian tentang SOLUSI dari permasalah yang saat ini melanda Indonesia, bisa isu yang bersifat lokal atau pun yang skalanya nasional. Isu yang menjadi bahsan dalam PKM GT tidak terbatas, mancakupi isu-isu terkait poleksosbudhankam (red: enak kan jadinya :D ). Poin utama dari PKM GT ini adalah, PKM GT tidak mewajibkan solusi berdasarkan eksperimen dan riset terlebih dahulu, namun hanya membutuhkan gagasan dan ide kreatif yang tentunya memiliki landasan. Oleh karena ini ada beberapa hal nih yang menjadi PKM GT kita nanti:

1.       Kreatif dan Objektif

a.       Tulisan berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di  masyarakat.

b.      Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak bersifat subjektif

c.       Tulisan didukung data dan/atau informasi terpercaya

d.      Bersifat asli (bukan jiplakan) dan menjauhi duplikasi

2.       Logis dan Sistematis

a.       Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut

b.      Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur – unsur identifikasi masalah, analisis  sintesis, kesimpulan dan   sedapat mungkin memuat saran – saran.

3.       Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka atau fiksi sains

4.       Materi Karya tulis

Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni oleh mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, walaupun yang bersangkutan tidak sedang belajar formal dalam bidang tersebut. Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.

(Sumber: Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa 2011)


PKM AI


“PKM Artikel Ilmiah (PKM AI) merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya (melalui studi kasus, praktik lapangan, KKN, PKM, magang dan lain lain)”

Agak beda dari PKM GT, PKM AI adalah suatu hasil penelitian atau pengabdian langsung dari mahasiswa yang ditunangkan dalm bentuk karya tulis. Bentuk keluaran dari PKM AI nantinya akan dijadikan jurnal yang terakreditasi oleh DIKTI. Nah buat teman teman teknik yang udah pernah buat riset, ikut pengabdian masyarakat atau melakukan magang, daripada laporan dari segala kegiatan itu berakhir di meja dosen saja, lebih baik dibuat menjadi PKM AI.

Kapan Kegiatannya?
No.     Kegiatan     Waktu
1.     Sosialisasi dan Pemberitahuan Program     Januari 2012
2.     Penyusunan Karya Tulis     Januari-Februari 2012
3.     Batas Penyerahan Karya Tulis (ke DIKTI)     9 Maret 2012
4.     Tahap Seleksi Administratif     April 2012
5.     Tahap Penilaian Karya Tulis     Mei 2012
6.     Tahap Pengumuman Penilaian Karya Tulis     Juni 2012
7.     Presentasi PKM dan PKM GT-AT di PIMNAS     Juli 2012
8.     Publikasi PKM AI di Jurnal Kreatifitas Mahasiswa     Agustus 2012

Berdasarkan surat dari Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor : 0012/E5.3/KPM/2012 yang baru keluar tanggl 4 Januari 2012 kemarin, PKM GT dan PKM AI resmi dibuka.

Mari berkarya!

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It