September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Jul 19, 2011

Kehadiran Antum Cukup Berarti

Subhanallah. Wewwh, tidak sampai seminggu tulisan ini sudah dibuka  sebanyak 160 kali. Pemecah rekor sejak awal blog ini dibuat. Dan akhirnya, page views today sebanyak 604. Tidak sia- sia ngejar2 informasi n tanya sana sini menjelang PPLT UNIMED. Ya ya ya

Kehadiran Antum Cukup Berarti. Terinspirasi dari sebuah rutinitas agenda dakwah, syuro. Ya, musyawarah tertinggi dalam pengambilan sebuah keputusan. Ketika ada satu situasi dimana semua bungkaam, seolah diminta untuk mengheningkan cipta sejenak. Hening. Ada banyak alasan mengapa terdiam. Mulai dari mereka yang malu berbicara walau sebenarnya memiliki ide briliant, mereka yang merasa pendapatnya tidak cukup kuat, dan mereka yang tidak punya ide sama sekali saking tidak jelasnya arahan syuro (amir syuro nih yang gak jelas, he). Hingga akhirnya salah seorang yang dari awal syuro selalu 'berkicau' kemudian angkat bicara. Semua bernafas lega. Bla bla bla. (Nah itu tadi yang mau ana sampaikan, terdengar bisikan dari sisi kanan, hmm). Akhirnya syuro didominasi oleh pemikiran satu orang. (sebenarnya gak perlu disyurokan juga udah dapat hasilnya, he).
Subhanakallahumma wabihamdika astagfiruka wa atubu ilaih. Salam (cipika cipiki). Bubar.

Nah, kondisi ini sering kita temukan di lapangan. What's next?? Ada beberapa yang semakin minder, merasa tidak ada memberikan kontribusi. Walau tidak jarang ada yang merasa cukup bersyukur dari pembelajaran yang didapat dari sebuah syuro, hingga mencari- cari tawaran syuro dimana- mana. (superrrr, disetiap syuro ada dia. he). Apa kemudian yang kita berikan kepada mereka yang merasa minder???? Kita apakan mereka? (karantina, he)

Akhi wa ukhti fillah
Ada satu hal yang perlu dipahami bahawa kehadiran antum dalam sebuah syuro walau 'seolah' tidak memberi kontribusi, namun ketahuilah ternyata kontribusi antumlah yang paling besar. Bayangkan, semangat yang antum tularkan dengan berhadir di syuro cukup membakar semangat yang lain. Mereka yang sebenarnya bisa berhadir namun belum memiliki niat ya percuma saja. Mereka yang memiliki banyak ide cemerlang, namun tidak hadir nonsense. Tapi antum, dengan sebuah niat tulus menghadiri majelis yang diberkahi Allah dan memberi semangat kepada yang lain.

Akhi wa ukhti fillah.
Semangat saja tidak cukup kawan, itu kata mereka. Ya, benar sekali. Kita butuh take action. Apa tindakan yang kita berikan ketika hadir dalam syuro? Ternyata lebih besar dari sebuah semangat. Mari bersama merenung, membayangkan jika tidak ada orang yang mau medengarkan mereka yang 'suka bicara' ini. Tentu mereka akan berdiam, dan syuro tidak akan berjalan maksimal. Kemampuan mendengarkan dan mengapresiasi setiap ide yang mereka sampaikan adalah satu tindakan yang luarbiasa. Tidak jarang ide briliant yang mereka sampaikan,  ujung- ujungnya kita juga yang mengerjakan. Deretan kalimat yang mereka katakan yang kadang arahannya tidak jelas, ternyata kita juga yang menyimpulkan. Yah, saatnya memahami berbagai peran: pendengar, pengkonsep, pekerja.

Akhi wa ukhti fillah
Antum adalah orang-orang yang telah dipilih oleh Allah untuk menegakkan dien-Nya. Berapa banyak umat muslim yang memiliki komitmen terhadap dakwah? tentu sangat sedikit jumlahnya. Dan antum adalah salah satu dari segelintir yang terpilih. Bisa dibaca di sini

Akhi wa ukhti fillah
Sejak dahulu beginilah dakwah terjal, berliku, dan sedikit pengusungnya.
Dakwah ini tidak akan sanggup diusung oleh orang-orang yang lemah pendiriannya.
Dakwah ini tidak akan sanggup diusung oleh orang-orang yang tidak jelas arah dan tujuan hidupnya.

Antum tidak harus pintar,
Antum tidak harus kaya,
Antum tidak harus cerdas,
Antum tidak harus kuat,
Antum tidak harus memiliki banyak waktu luang
Antum tidak harus perfect untuk bergabung dijalan mulia ini.

Yang antum butuhkan hanyalah komitmen dan niat yang ikhlas untuk mendapatkan ridho-Nya. Ketika antum bersedia untuk berbeda dari orang kebanyakan di saat itulah komitmen antum ditemukan. Bisa  dibaca di sini.
Maka kepintaran, kecerdasan, kekuatan, kekayaan, dan waktu akan diberikan Allah kepada antum. Karena antum terpilih untuk bergabung di jalan dakwah ini, bukan karena kehebatan antum, namun karena belas kasih Allah yang masih menyayangi dan mengasihi antum.

Mari kembali luruskan niat kita. Ber amar ma'ruf nahi munkar adalah kewajiban kita bersama. Dan melalui wadah ini (UKMI Ar Rahman UNIMED), akan kita upayakan berbuat maksimal untuk dien ini. (20/07san)

*Barokallah to all new managers of UKMI Ar Rahman UNIMED 2011- 2012.
Let's do our best.
Ma'anajah for all :)

2 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It