September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Jul 12, 2011

PPLT UNIMED 2011: Menurut Kamu?

Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah dikasi kesempatan ngepost lagi. Beberapa hari ini sibuk persiapan PPLT. Mulai dari minta izin ortu, sampe persiapan sekecil- kecilnya. Hmm, kalaupun katanya biasanya 'gubrak' tapi tuk yang satu ini kita usahakan se-rapi mungkin. (ehmmm). Bersyukur d kasi kesadaran, kalo gak sadar2 cmana pula itu?

Yups, let's talk about our topic. Masih seputar PPLT UNIMED 2011. For u who are not comfort for this info, i'm sorry to say that I have to publish this. (Masa depan kami euy). Just enjoy it, Ok.

Hmm, hari ini semakin banyak yang terlihat kesal, setelah sebelumya juga sudah terpancing kesal. 12 Juli 2011 merupakan hari pengumuman lokasi PPLT seperti yang sudah diberitakan sebelumnya. Lagi dan lagi, manusia hanya berencana kawan, dan keputusan tetaplah ada pada Sang Khalik. (Ahh, pasti sudah pada tau semua ttg yang ini).Pengumuman belum dapat dipublish. Belum siap kali dari Tim UPPL, atawa malah kita sendiri yang ternyata belum siap untuk menerima kenyataan (ohh, dramatis). So, tetap positive thnking aja atau dalam bahasa kerennya husnudzon. Baik untuk terapi hati kita, dan membuat petugas nyaman untuk bekerja. Yah, semua berawal dari permulaan yang baik. Minimal inisebagai ajang latihan kesabaran kita sebelum dihadapkan pada berbagai persoalan di PPLT nantinya. No sigh at all :) .
So, buat kita yang mau PPLT 2011, pengumuman penempatan itu bisa dilihat di internet pada tanggal 18 Juli 2011 di alamat www.uppl.unimed.ac.id (maaf g bisa diaktifkan tuk mengarah ke link tsb). Siap- siap aja ya kawan!

Next,sebenarnya ane bukan mau cerita tentang itu. Seperti judul tulisan ini, ya isinya juga harus nyambung dong. Ya ya ya, PPLT UNIMED 2011: Menurut Kamu?

Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) merupakan satu dari sekian banyak bentuk perhatian pemerintah untuk kemajuan pendidikan di tanah air. Program ini sudah berjalan sekian lama dan tentunya selalu ada beberapa perubahan yang harapannya menjadikan kegiatan ini lebih bermutu dan sesuai dengan esensinya. Keberadaan PPLT tentunya menjadi satu hal sedikit banyaknya mamapu menjadi tolak ukur kualifikasi seorang mahasiswa untuk menjadi guru.
PPLT merupakan bagian dari perkuliahan yang dilakukan dalam bentuk pmebelajran teoritik selama 6 semester dan kemudian dilanjutkan dengan praktek di lapangan (sekolah). Berbicara tentang PPLT UNIMED, pelaksanaannya didasarkan pada Surat Rektor Unimed No: 00145/J39/ PP/ 2002 tanggal 30 Januari 2002. (wewh, pas ultah ane tu. catet yaa:). Dengan adanya Surat Rektor tersebut, maka PPLT merupakan perpaduan dua jenis kegiatan, yaitu PPL Keguruan dan Kuliah Kerja Nyata. Artinya, teman2 yang mengikuti PPLT akan dinila dari kedua kegiatan tersebut: kinerja di sekolah serta kontribusi di masyarakat. Tuk lebih lengkapnya, teman2 baca deh di buku Petunjuk PPLT 2011. Mulai sekarang kudu dipelajarin tuh :).
Kemudian, gimana sih tanggapan teman2 yang akan berangkat? Pengen tau dong, Yuk kita simak.
"Kalo aku pribadi sih seneng banget, cz stelah ini aku udaha bisa langsung skripsi-an trus cepet2 wisuda deh" (ngebet pake kebaya si kawan:))
"Terus terang aku tuh hobi banget ngajar. Jadi tuk PPLT ini, pasti siap lah. Cuma satu yang aku sedikit berat, kenapa mesti di daerah2 ya? Kalo di Medan kan aku bisa tetep ngajar n penghasilan lancar terusss:)" (ekonomis banget. cocok jadi IRT, he)
"Alhamdulillah gue senang sangat.Artinya gue dikasi kesempatan untuk aplikasiin ilmu yang udah gue dapet. Trus gue juga bakalan berhubugan dengan dunia yang baru, bner2 menyenangkan." (keren, ini nih yang selalu bersyukur)
"Saatnya berdakwah di ranah baru!" (hmm, anak LDK keknya ni. Ya ya ya, go ekspansi :))
"Hmm, PPLT= ngajar. Antara senang dan tidak. Senang karena gak ada makul di kampus, gak senang karna aku tuh paling ga suka ngajar. apalagi ntar harus pake rok segala, ribet ahhh"(sedikit feminim lah kawan)
"Semangat! banyak yang bisa dijahilin" (aahh, gak bener lagi ni niatnya)
"PPLT? Sumpah, aku mending disuruh hadir tiap ari ke kampus daripada harus dibebankan dengan setumpuk RPP, Tugas dari Pamong, belum lagi ngadapin anak2nya nanti. Oh, no" (kasian kali yang ini ya, andai aku bisa menggantikan posisimu, hahay)

Itu hanya sedikit dari pendapat teman2 ttg PPLT. Apapun, seperti yang saya sebutkan di sini, kita baiknya tetap berpikir positif mencintai profesi kita. Kalau ini bisa kita jalankan, Insya Allah everythng's gonna be OK.
Tidak banyak2, karena sudah larut malam :)
PPLT UNIMED 2011 kita sambut dengan senyum terndah kita.(itu pun kalo ada, he)
Semoga bermanfaat.(12/07san)

2 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It