September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Jun 29, 2011

Menuju PPLT UNIMED 2011 Berkah


Menuju PPLT UNIMED 2011 Berkah.
Bismillahirrohmanirrohim…
 Yap, PPLT UNIMED 2011 akan segera tiba. Banyak yang ‘garuk- garuk kepala’ mikirin tempat PPLT, ada yang malah ‘cengar- cengir’ liat si kawan yang heboh karna kampungnya menjadi salah satu tempat PPLT, dan tak sedikit yang ‘kasak- kusuk’ nunggu informasi PPLT (sedikit ‘rusuh’ sih informasinya, kajol kata mereka).
Ini nih Informasi terbaru yang diperoleh dari sumber terpercaya, Ketua UPPL  dan teman2 dari fakultas laen yang udah daftar PPL. Check check:::

1.      Yang harus dilengkapi tuk daftar PPL antara lain fotocopy : KRS sem 6, KHS sem  1- 5, KTM and kwitansi pembayaran SPP sem 7, pas foto 4x 6 sebanyak 2 lembar (ini nih yang belum ada)
2.      Pengumuman daerah PPL seminggu setelah daftar (berarti minggu depan)
3.      Pembekalan dari Universitas sekitar 3 hari sebelum pemberangkatan (jadi sekitar tanggal 22 gitu mungkin)
4.      PPLT mulai tanggal 25 Juli 2011
5.      Pendaftaran PPLT tuk FBS FT hari ni, Kamis 30 Juni 2011. Langsung ke TKP, kantor UPPL. (Jangan sampe telattttt san! Jam lapan kata si ivy J)
Hmm, berbicara tentang PPLT sedikit membuat pikiran ‘kacau- balau’. Sebagian udah mulai sedikit cerewet, dan banyak yang mulai agak calm down. Yah, yang biasanya pendiam dan kalem, mulai agak- agak banyak bicara, dan sebaliknya yang selama ini bicara ga ada ‘rem’ bisalah sedikit tenang. Kalo ane pribadi sih, tidak diantara keduanya. (tapi mulai sedikit grogi, Tanya kenapa???)
Kalau dari cerita kakak2 senior, macam- macam. Kita pun bingung mau nyimpulkan PPLT itu gimana, ya namanya beda ‘jiwa’ ya pasti beda dong cara berpikirnya. Sebagian bilang ga ada enaknya (ampuuuun, ngadapin anak2nya, guru pamong, dosen DPL, belum lagi teman satu tim kita yang ‘serba- serbi’). Naah ada juga yang bilang, enaaaak bgt. (salut deh buat yang ini). Tapi yang pasti itu semua tergantung kita masing- masing, gimana kita menanggapi ’tragedi’ yang terjadi.
Berikut beberapa ‘wejangan’ kepada mereka (dan saya juga) yang akan PPLT biar ‘event’ nya berkah and ga ada ‘sumpah serapah’. Check check:::
Pertama, berpikir positif. Ya, sederhana memang dan ane tau semua pasti udah pada ngerti ttg yang satu ini. Kata yang mudah untuk diucapkan namun sedikit ‘berat’ tuk dijalankan. Banyak ‘desas- desus’ yang mengatakan PPLT tu banyak ‘tuntutan’nya, dan gak jarang mahasiswa PPLT menjadi korban akibat ‘kenakalan’ anak murid yang akhirnya membuat si mahasiswa down.  Ya, itu memang terjadi bagi sebagian, tapi yakinkan itu tidak terjadi pada kita. Sebuah keyakinan yang besar akan menghasilkan gerakan yang besar juga. Gerakan yang akan menjauhkan kita dari hal2 seperti itu. (smg bisa dimengerti)

Kedua, berbuatlah layaknya orang penting berbuat. Ini berkaitan dengan apa yang disampaikan oleh sahabat sekaligus kakak saya di ‘genk’ mingguan. Ya, menjadi seorang mahasiswa PPL adalah satu bagian penting dalam hidup. Di sini saatnya kita ber ’aksi’ dan terjun langsung ke dunia kita. Dunia yang selama ini kita masih menjadi pendengar hingga kini kita akan menjadi ‘artis’ di hadapan anak- anak yang lapar dan haus. Berpikirlah bahwa kita penting untuk mereka, jadi berbuatlah layaknya orang penting. Mereka yang hanya memikirkan hal- hal penting, mereka yang tidak disibukkan dengan pikiran2 buruk, mereka yang selalu berpikir untuk berbuat yang terbaik. Berbuatlah layaknya orang penting, mereka yang tidak sibuk memikirkan hal yang tidak penting (misalnya, nanti makannya gimana??? Hehe).
Ketiga, (yang terakhir ni karena udah mau subuh, :) cintailah PPLT. Sedikit agak melankolis, walau sebenarnya koleris. Ketika kita udah mencintai PPLT, artinya kita ikhlas ditempatkan di mana saja, kita senang satu tim dengan siapa, kita senyum2 aja liat tingkah anak murid, kita happy2 aja dapat tugas banyak dari guru pamong, kita kan selalu ceria menjalani hari2 kita di dunia yang baru. (biasanya yang baru itu kesannya 2, enak dan g enak. Seperti misalnya baru pertama kali minum es sarang burung, pasti 2 kemungkinan itu juga yang muncul). Dan akhirnya, kita menerima semuanya dengan hati yang lapang, karena memang semuanya berawal dari hati. Kalau hati kita udah tenang dan nyaman, insya Allah semuanya akan aman terkendali. 
Yups, itu ‘sekelumit’  tips yang bisa ane bagikan. Karena sesungguhnya berbagi itu artinya peduli (sharing is caring). Tambahan, tuk ADK UNIMED bisa dilihat di sini. Besar harapnnya semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua. (30/06san)

*ditempatkan dimanapun, siap2 yaaa.
*kepada kawan2  di Enng. Dept Reg A 08 , jangan telattt yaa woi. (jam 8 tempat cuci photo dah buka belum ya????. hadeeeeh)




1 komentar:

this will be useful for u as a candidate of teacher. let's learn from him, Rasulullah.
see...

http://nurhasanahsidabalok.blogspot.com/2011/06/rasulullah-real-teacher.html

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It