September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

May 25, 2011

Rakorwil FSLDK Sumbagut 2011



Analisis SWOT bersama. Mungkin itulah kata  yang mewakili kegiatan yang diadakan oleh teman- teman pengusung dakwah yang tergabung dalam Puskomda Sumbagut (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau). Jum’at- Ahad, 20- 22 Mei 2011, Rakorwil Puskomda Sumbagut berlangsung dengan lancar. Gedung Pusat Bahasa Universitas Andalas menjadi tempat bersejarah dalam menyusun dan merapikan gerak dakwah di setiap Lembaga Dakwah Kampus Sumbagut.

BP- Nas Sumbagut yang tidak lain adalah FKI Rabbani Unand menjadi pelaksana Rakorwil kali ini. Kehadiran teman- teman dari berbagai daerah menjadikan suasana lebih berwarna dan keakraban hadir seketika itu juga. Ada 4 daerah peserta Rakorwil Sumbagut yaitu LDK Refah IAIN Raden Patah sebagai Puskomda Aceh , UKMI Ar Rahman UNIMED sebagai Puskomda Sumut, Unit Kegiatan Kerohanian  UNP sebagai Puskomda Sumbar, dan LDK UNRI sebagai Puskomda Riau. 

20 Mei 2011. Hari pertama Rakorwil diawali dengan presentasi dari setiap daerah terkait dengan perkembangan kondisi LDK dan masyarakat kampus di sekitarnya. Kondisi internal, eksternal, dan analisis SWOT pun disampaikan. Saling berbagi antar daerah semakin menguatkan satu sama lain. Masukan- masukan yang diberikan kepada masing- masing Puskomda harapannya dapat menjadi pemicu akan berkembangnya dakwah kampus di setiap daerah di Sumbagut. Berhubung karena ada kendala dalam perjalanan yang menyebabkan Puskomda Sumut terlambat hadir, maka presentasi Puskomda Sumut diadakan pada hari kedua oleh Ketua Umum Puskomda Sumut, Cholid Wijaya.

21 Mei 2011. Hari kedua Rakorwil kembali diadakan di gedung yang sama dengan suasana yang berbeda. Kehadiran Puskomda Sumut melengkapi kegiatan Rakorwil Sumbagut. Adapun agenda di hari kedua adalah pembahasan rencana strategis setiap komisi. Namun sebelumnya, peserta Rakorwil kembali diasupi dengan suplemen jiwa berupa tausiyah singkat dari ketua Puskomnas periode 2005- 2007, Hasdi Putra. Menurut beliau, keberadaan Puskomda dengan beberapa LDK di sekitarnya hendaknya memberi arti bagi masyarakat sekitar. Artinya, masyarakat merasa kehilangan ketika LDK- LDK ini tidak ada. Untuk itu, setiap LDK denngan pengawasan dari Puskomda hendaknya memahami peranan yang dimiliki itu. Kehadiran  kader yang Akademis, Aktivis, dan Idealis adalah langkah yang tepat untuk menjawab tantangan tersebut. Diskusi bersama dengan sosok yang sudah lama lalanng melintang di dunia dakwah kampus memberikan kepuasan kepada peserta Rakorwil sebelum melanjutkan perjalanan dakwah di ranah masing- masing. 
Kemudian, FSLDK PEDULI UNS berbagi. Berbagai bencana yang sering melanda menjadikan FSLDK merasa turut perlu mengambil andil dalam hal ini. Ada 4 krisis center FSLDK: bencana, pendidikan, anak jalanan, dan lingkungan. Keempat hal ini merupakan fokus kerja dari FSLDK Peduli yang telah diadakan beberapa kali. Harapannya, Puskomda yang belum memiliki BK Peduli dapat membentuknya sehingga peran FSLDK dapat dirasakan, bukan hanya para civitas akademik kampus tetapi juga masyarakat dari berbagai lapisan.

Untuk mengefisienkan waktu, pembahasan tiap komisi diadakan pada siang hari. Komisi A (Isu dan Media) membawa peran Puskomda melalui pemanfaatan media dan penyebaran isu di setiap daerah. Teknik- teknik berbeda yang dilakukan oleh tiap Puskomda memberikan pencerahan bagi Puskomda lainnya. Dilanjutkan dengan komisi B (ke- LDK- an) menunjukkan perannya melalui optimalisasi peran LDK. Mengembangkan LDK yang sudah ada dan menciptakan LDK- LDK baru di setiap daerah. Terakhir, komisi C (Jarmus) hadir denngan perannya memberi citra positif di kalangan muslimah dan siap bergerak meningkatkan kreativitas muslimah. 

22 Mei 2011. Hari ketiga Rakorwil diadakan di gedung yang berbeda untuk kemudian merasakan suasana yang berbeda pula. Penutupan Rakorwil diadakan dengan 3 Puskomda (Aceh, Sumbar, dan Padang). Sementara untuk Puskomda Sumut harus segera berangkat ke kampung halaman berhubung adanya kewajiban lain yang harus dikerjakan. Piagam penghargaan diberikan kepada masing- masing Puskomda dengan harapan dapat menjadi kekuatan bersama dalam mengembangkan dakwah kampus di masing- masing daerah. 

Sumbagut Madani, Bukan Hanya Mimpi. (san25/05)

1 komentar:

Assalamualaikum, salah silaturahim. kami dari Lembaga Dakwah Kampus Universitas Muhammadiyah Riau

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It