September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

May 31, 2012

MUSYAR XVII UNIMED: Sosok Pemimpin Berilmu dan Beramal



Sedikit mengulas metode pemilihan pemimpin di zaman Rasulullah dan para sahabat. Mari lihat teknik pemilihan pemimpin; Khulafaurrasyidin.

Khalifah Abu Bakar As- Shiddiq, dipilih dengan cara musyawarah terbuka tanpa ada calon sebelumnya di Saqibah Bani Saidah.
Khalifah Umar bin Khatab, dipilih dengan cara penunjukkan oleh Khalifah Abu Bakar berdasarkan keputusannya dengan tokoh-tokoh terpercaya, dikalangan sahabat kemudian diumumkan pada khalayak dan rakyat menyetujuinya.
Khalifah Usman bin Affan dipilih dengan pemilihan yang dilakukan oleh Majlis Syuro’ dengan pemilihan yang dilakukan oleh Majlis Syuro’ (Formatur) sebanyak 6 orang yang dibentuk oleh Khalifah Umar bin Khatab.
Khalifah Ali Bin Abi Thalib, dipilih dalam situasi kacau setelah terbunuh Khalifah Usman bin Affan. Pemilihan dilakukan secara spontan dan terkesan darurat, yang dimulai oleh kaum yang tidak puas dengan khalifah Usman.
Dari kenyataan seperti tersebut diatas, terdapat isyarat bahwa persoalan penyelenggaraan kekuasaan biarlah diselesaikan oleh umat manusia dengan cara musyawarah. Sebagaimana Firman Allah dalam Qur’an Surat Ali Imran ayat 159 :
Artinya :
.......bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu (politik, perang, ekonomi dan masalah-masalah kemasyarakatan lain). Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.(Q.S Ali Imran : 159)

Penting untuk mempersiapkan pemimpin.

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”. (An-Nisa : 9)

Siapa pemimpin baru  UKMI Ar- Rahman UNIMED?
Sampai hari ini, H- 2 Musyar UNIMED nama- nama kandidat belum muncul di lapangan. Atau memang sengaja tidak dipublikasikan hingga ia bakal menjadi ‘sesuatu’?


Pemimpin. Tentu kita butuh orang ini. Walau sebenarnya kita semua adalah pemimpin, namun tentu saja ada pemimpin dari para pemimpin ini. Pemimpin yang akan mengarahkan kita untuk bisa bergerak rapi, berjalan di jalan yang benar dan dengan susunan yang teratur. Dan kemudian kita bisa mencapai tujuan akhir kita.

Yap, sebelum kita dipimpin tentu saja ada tujuan yang ingin kita wujudkan selama dalam kebersamaan ini. Tentu ada hal yang ingin kita realisasikan dari sebuah kepemimpinan ini. Merumuskan tujuan dan menyamakan gerak langkah adalah dua hal yang pertama seharusnya kita lakukan sebelum pemimpin ini mulai beraksi bersama dengan orang yang dipimpinnya. Dibutuhkan persamaan persepsi antar seluruh elemen yang ada di dalamnya. Dan di sinilah sebenarnya peran pemimpin itu sendiri. 
 Semakin paham mau kemana di bawa kemana tulisan ini.


Pemimpin di Lembaga Dakwah Kampus atau UKMI Ar- Rahman tentu berbeda dengan pemimpin di UKM lainnya. Ia diharapkan menjadi sosok teladan dalam bicara, sikap, dan perbuatan karena sesungguhnya roda dakwah akan berputar baik ketika semua personil memiliki pemimpin yang menyesuaikan antara perkataan dan perbuatannya. UKMI Ar- Rahman sebagai UKM Islam internal dalam kampus hendaknya mampu menaungi seluruh organisasi Islam kampus eksternal lainnya. Hingga kebermanfaatan UKMI dapat dirasakan oleh semuanya lewat hadirnya Kampus Islami. Nah, tentunya dibutuhkan pemimpin yang bisa mengusung cita- cita besar ini.
Sebelum terlambat, yuk kita coret- coret kriteria qiyadah yang kita harapkan. Apa modal utama seorang qiyadah?  


1. ILMU
Umar bin Khathab radiallaahu anhu pernah berkata, “Belajarlah kalian, sebelum kalian diangkat  menjadi pemimpin” (Al Bukhari, Fathu Al Bari, 1/65)
Ilmu apa saja yang perlu dimiliki oleh calon pemimpin UKMI Ar- Rahman?
-    Pengetahuan Islam dasar
Fasih membaca Al Qur’an, mengetahui dan mengamalkan fiqih sehari-hari, mampu mengumandangkan adzan dan iqomah.
-    Pengetahuan tentang teknik berdakwah dan berharakah
           Tidak bisa dipungkiri, ini ilmu yang harus dimiliki oleh pemimpin UKMI Ar- Rahman UNIMED. Bagaimana mungkin seseorang mampu memimpin sebuah jama’ah dakwah jika ia sendiri tak mengetahui  bagaimana caranya berjama’ah. Pengetahuan seperti ini bisa didapatkan dari buku-buku tentang gerakan dakwah dan gerakan mahasiswa. Misalnya, Risalah Manajemen Lembaga Dakwah Kampus, Fiqih dakwah, termasuk Inspiratia Flava, dan lain-lain.
-    Pengetahuan tentang Manajemen Organisasi
Maksudnya, ilmu tentang bagaimana mengelola sebuah lembaga dakwah secara profesional sesuai dengan fitrah organisasi. Misalnya, bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kinerja, Teknik Negosiasi, Komunikasi organisasi, dan Budaya Organisasi.
-    Pengetahuan  Psikologi
Ini juga pengetahuan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Menjadi pemimpin kudu pintar membaca situasi. Hal ini terkadang menjadi bumerang bagi seorang pemimpin karena sesungguhnya ia tidak paham benar apa yang diinginkan saudaranya.
           


2. AMAL      
Seorang pemimpin hendaklah orang yang selalu memperhatikan amalannya hari demi hari. Ia selalu melakukan perbaikan kualitas dan kuantitas amalan. Semua yang ia lakukan memiliki landasan tersendiri hingga tidak ada hal yang sia- sia dari apa yang ia lakukan. Aplikasi dari ilmu yang ia miliki terlihat dari amalan yang ia lakukan.
Amalan seperti apa yang harus dipenuhinya?
Shalat tepat waktu di mesjid, hafalan, dhuha, tilawah, shalat malam, dll.  Karena kita yakini bersama, hati yang terpimpinlah yang bisa memimpin.

Kemudian, kita juga mengetahui seperti apa kriteria seorang pemimpin. Jika kita berbicara hal ini, tentu kita sudah memiliki sosok yang sudah jelas menjadi acuan standarisasi layaknya seorang pemimpin. Beliau adalah Rasulullah. Pemimpin sepanjang zaman.

Berikut karakter beliau yang harapannya dimiliki oleh pemimpin UKMI Ar- Rahman.
            Shiddiq = Jujur

Seorang pemimpin adalah mereka yang jujur dalam setiap tindakannya. Boleh jadi sesuatu itu adalah hal yang sulit dan bahkan sedikit pahit jika disebutkan namun bagaimanapun pemimpin harus menyebutkannya dengan cara yang baik.
 

Tabligh = Menyampaikan

Dalam hal ini, seorang pemimpin dituntut untuk menyampaikan kebenaran. Tidak hanya itu, pemimpin juga harus terbuka. Artinya, tidak menutup diri saat diperlukan oleh anggotanya. Rasulullah bersabda,”Tidaklah seorang pemimpin atau pemerintah yang menutup pintunya terhadap kebutuhan, hajat, dan kemiskinan kecuali Allah akan menutup pintu-pintu langit terhadap kebutuhan, hajat, dan kemiskinannya.” (Riwayat Imam Ahmad dan At-Tirmidzi).

      Amanah = Dapat Dipercaya
Rasulullah bersabda,” Jika seorang pemimpin menyebarkan keraguan dalam masyarakat, ia akan    merusak mereka.” (Riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, dan Al-hakim). Karena seorang pemimpin d ituntut supaya ahli di bidangnya. Bukan hanya degan kekuatan sendiri tentunya, namun juga kekuatan mereka yang dapat dipercaya. (atasan- red). Dengan demikian, seorangn pemimpin hendaknya terus berupaya untuk meningkatkan pengetahuannya sehingga tidak akan ditemukan berbagai kejanggalan dalam kepemimpinannya yang membuat anggota ragu kepadanya.

      Fathonah = Cerdas
Seorang pemimpin tidak hanya perlu jujur, dapat dipercaya, dan dapat menyampaikan tetapi juga cerdas. Karena jika seorang pemimpin tidak cerdas maka ia tidak dapat menyelesaikan masalah rakyatnya dan ia tidak dapat memajukan apa yang dipimpinnya.

All in all, pemimpin UKMI Ar- Rahman (Ketum, Koord. Fak, Koord. Dept) harus menjadi sorotan kita.

3 hari menuju Musyawarah Anggota UKMI Ar- Rahman (MUSYAR) UNIMED XVII, hawa- hawa 'segarrr' nya mulai terasa.
Ingat kawan, KITA ADALAH DA'I, maka berbicara, bersikap, dan berbuatlah layaknya seorang da'i :)
Semoga hati tetap terkondisikan.

2 hari menuju Musyawarah Anggota UKMI Ar- Rahman (MUSYAR) UNIMED XVII, rangkaian kata- kata mulai terangkai dan tak sabar segera meluncur di forum spektakuler ini. Ingat kawan, tak semua kata- kata itu harus terucap nantinya.
"Berbicara yang baik atau diam" (ciri orang beriman pada hari akhir tuh)
:)
Semoga pikiran, lisan, dan perbuatan tetap berada pada track yang benar.


Baca juga:
Sosok pemimpin yang terpimpin

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It