September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Oct 3, 2011

Amanah dan Tanggungjawab: Masa Mandiri PPLT UNIMED 2011

Amanah dan Tanggungjawab: Masa Mandiri PPLT UNIMED 2011. Mulai minggu ini, mahasiswa PPLT Unimed 2011 memasuki Masa Mandiri. Ya, setelah kurang lebih satu bulan masa terbimbing akhirnya para calon guru diberikan hak untuk mengajar di depan kelas tanpa pengawasan guru pamong dari belakang. Gembira?? Pasti. Akhirnya kita bebas berekspresi. Hmmm, tidak hanya itu. Kita juga punya kesempatan untuk melakukan sesuatu ‘sekehendak’ kita. Masa terbimbing yang telah berjalan  diharapkan mampu menghasilkan calon guru yang kompeten dan layak untuk mengajar di depan kelas.

Seperti apa kita menganggapi ini??
Sebetulnya ada hal penting yag harus kita perhatikan di sini. Mengajar di depan kelas tanpa ada bimbingan dari guru pamong merupakan satu tantangan besar bagi kita. Artinya da tanggung jawab besar yang kita emban yang lebih besar dari yang sebelumnya.

Bayangkan, selama ini ketika kita mengajar dan ada kesalahan dalam materi atau cara penyampaian kita, tentu saja ada bimbinngan dan arahan langsung dari guru pamong. Namun saat ini? Tidak. Kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjalankan itu semua. Kesalahan materi yang kita sampaikan akan menjadi kesalahan besar kita. Ia akan menjadi pertanggungjawaban yang besar di hadapan siswa, guru, dan Allah tentunya.

What’ next???
Keadaan ini patut menjadi suatu keyukuran bagi kita. Artinya kita sudah diberi kepercayaan untuk membimbing siswa dari awal pelajran hingga akhir. Menjadi sosok yang amanah dan bertanggungjawab tentu saja sangat diperlukan di masa ini. Materi ajar, teknik mengajar, serta sikap kita adalah hal yang harus menjadi perhatian khusus. Tentu erlu ada perbedaan antara antara ketika kita masih terbimbing dengan masa ini. Kerja keras yang kita tunjukkan dalam masa ini akan membentuk kita menjadi guru yang professional nantinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman baik akan pentingnya masa ini.
Mari pergunakan masa ini dengan maksimal! Sukses… (03/10san)

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It