September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Apr 13, 2011

Teknik Mengajar Listening di Kelas



Harmer (1983) menyatakan bahwa listening (mendengarkan) sebagai suatu keterampilan berbeda dengan writing. Dalam listening, pendengar tidak dapat melihat apa yang dia dengarkan, tetapi hanya bisa mendengarkannya.

Kemampuan Mendengarkan merupakan salah satu ketrampilan dalam pelajaran bahasa Inggris yang harus dikuasai siswa bersama 3 ketrampilan lainnya yaitu membaca, menulis, dan mendengar. Dari pengalaman dan diskusi dengan beberapa siswa, banyak yang merasa kesulitan untuk bisa mencapai kompetensi yang diharapkan dalam ketrampilan ini. Seringkali, guru dalam prakteknya kurang mampu untuk mengajarkan listening yang mudah dimengerti oleh siswa. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang gagal dalam ujian listening dan harus mengulang.

Oleh karena itu, seorang guru yang merupakan fasilitator hendaknya memiliki keahlian untuk mampu membuat siswa merasa mudah dalam mempelajari listening. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru ketika mengajarkan listening di dalam kelas, diantaranya:

1. Filling Gap
Tehnik ini bisa dilakukan dengan cara mengosongi beberapa kata dalam paragraf atau dialog. Mintalah siswa mendengarkan teks lisan melalui guru atau rekaman dan mengisi kata-kata yang kosong tersebut.

2. Guessing Picture
Tehnik ini bisa dilakukan dengan menebak gambar sesuai teks lisan yang dibacakan atau didengarkan.

3. Finding Mistakes
Tehnik ini dilakukan dengan cara meminta mendengarkan teks lisan dan menggaris bawahi kata-kata yang tidak sesuai dengan teks lisan tersebut.

4. Choosing Menu
Tehnik ini dilakukan dengan meminta siswa untuk memilih menu yang sesuai dengan teks lisan.

5. Rearranging Sentences/Paragraph
Tehnik ini dilakukan dengan memberikan kalimat atau paragraf rumpang kepada siswa. Siswa diminta mendengarkan teks lisan dan menyusun kalimat/paragraf tersebut menjadi benar.

6. Matching
Tehnik ini dilakukan dengan memecah percakapan menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi setengah kalimat dan bagian kedua setengah kalimatnya. Kemudian siswa diminta mendengarkan teks percakapan lalu menjodohkan bagian pertama dan kedua sesuai teks percakapan tersebut.
Selamat mencoba^_^
http://www.fadlieha.co.cc/2010/12/kemampuan-mendengarkan-dalam-pelajaran.html

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It