September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Apr 16, 2011

Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) PUSKOMDA FSLDK SUMUT



Sejak diamanahkan menjadi Puskomda FSLDK Sumut Januari 2011 lalu, UKMI Ar Rahman UNIMED memulai langkah awal untuk menjalankan amanah ini dengan mengadakan Rapat Koordinasi daerah (Rakorda). Rakorda diadakan pada hari ini, Sabtu 16 April 2011 tepatnya di Aula Fakultas Ekonomi baru Unimed.

Rakorda dihadiri oleh Puskomda beserta para BP Puskomda Sumut. Untuk Rakorda kali ini, BP puskomda yang hadir adalah LDK STAIN dan STKIP Padang Sidimpuan yang merupakan LDK daerah yang pertama kali tiba di tempat. Selanjutnya ada LDK Al Firdaus UNA (Universitas Asahan), UKMI An Najwa Polmed, UKMI Ad Dakwah USU, LDK Al Izzah IAIN SU, dan LDK RJ UMN Al Washliyah. Untuk LDK USI (Universitas Simalungun) berhalangan hadir karena sedang mengadakan ujian.

Rakorda diawali dengan kata sambutan oleh perwakilan Tim Sukses dan selanjutnya diikuti oleh kata tuan rumah, serta arahan umum dari Koordinator Puskomda Sumut. “Rasa syukur kita kepada Allah haruslah ditunjukkan dengan memberikan yang terbaik dari apa yang dimiliki untuk umat.”Sedikit kutipan dari arahan koordinator Puskomda yang disambut dengan takbir oleh para peserta Rakorda. Sebelum memulai rapat, para peserta ditaujih kembali, dikuatkan kembali semangatnya oleh ustadz yang tidak asing lagi bagi para ADK Sumut, ustadz yang sudah lama berkecimpung di dunia dakwah yaitu sejak duduk di bangku perkuliahan, UStadz Latif Khan. Kembali mengutip dari apa yang disampaikan oleh beliau, “Allah tidak mengizinkan kalian berangkat dari kampung halaman hanya untuk kuliah saja. Ada amanah lain yang harus kalian laksanakan selain memperbaiki diri sendiri.” Kemudian beliau berbagi kisah pribadi dan orang lain, betapa pertolongan Allah sangat dekat kepada orang- orang yang menolong agamaNya.

Setelah ba’da zuhur, para peserta rakorda dipisah menjadi tiga ruangan sesuai dengan divisi masing- masing, yaitu komisi A (Isu dan Media) di lantai dasar, komisi B (Ke- LDK- an) di ruang utama, dan komisi C (Jarmusda) di lantai 3. Ketiga divisi akan membahas tentang program kerja masing- masing dan arahan kerja dari Puskomda kepada BP Puskomda.

Ada sebuah pertanyaan menarik dari BP Puskomda yang berada di komisi B, sebuah pertanyaan yang mungkin semua peserta ingin menanyakannya. “Bagaimana kita ingin ‘menjamah’ LDK lain, sementara kondisi internal kita juga belum bisa ‘terjamah’ secara optimal.” (red-). Dilematis memang. Satu sisi kita ingin mengembangkan LDK internal kita yang masih banyak yang perlu dibenahi, namun di sisi lain kita diminta untuk bisa turut memikirka LDK lain. Dan jawaban yang luarbiasa disampaikan oleh orang yang luarbiasa. Untuk menunggu kita sampai benar- benar siap 100 %, tentu hal yang mustahil. Bayangkan ketika LDK kita sudah bisa berjalan melaksanakan agenda dakwah, namun di sisi lain ada saudara kita di sana yang tidak tahu atau masih bingung tentang apa yang harus dilakukan. Tegakah kita membiarkan mereka demikian? Tentu tidak. Hari ini, LDK yang sudah ditunjuk menjadi BP Puskomda dianggap sudah mampu untuk tidak hanya memikirkan LDK sendiri, namun juga mencoba untuk bisa berbagi dengan LDK binaannya. Ketika kita sudah mampu berbuat sesuatu untuk orang lain, tentu hal itu akan menjadi kekuatan bagi diri kita untuk berbuat lebih lagi untuk diri pribadi.

Alhamduillah, rapat masing- masing divisi rampung ketika azan Ashar berkumandang dari mesjid Baiturrahman Unimed. Para peserta menarik nafas lega. Ada secercah cahaya terang yang mengiasi pelupuk mata mereka. Amanah yang mereka emban hari ini merupakan bukti nyata betapa dakwah adalah kewajiban bagi semua. Amunisi- amunisi yang telah disediakan oleh Puskomda untuk para BP Puskomda diharapkan dapat membantu kinerja mereka dalam pelaksanaan misi mulia ini. Walaupun masih ada beberapa hal yang mungkin masih mengganjal di hati para peserta, komunikasi yang intens akan terus dimaksimalkan melalui berbagai sarana yang telah tersedia.

Penutupan Rakorda diadakan ba’da solat Ashar. Hasil rakorda hari ini merupakan bukti nyata betapa kita ingin membuat perencanaan yang matang untuk agenda dakwah selanjutnya. Berangkat dari sebuah rapat koordinasi daerah ini, para pengurus Puskomda beserta BP Puskomda akan memulai babak baru dalam kancah dakwah Sumut untuk mewujudkan Sumut Madani. Semua peserta Rakorda diharapkan mampu mengkomunikasikan hasil rakorda kepada teman- teman yang belum bisa hadir dan mengaplikasikan bersama- sama. Amin. (16/04san)

*Sungguh amanah ini membutuhkan komitmen kita semua, kawan! Dan hari ini, Allah memilih kita semua untuk bersama berjuang di sini. Tidak perlu muluk- muluk. Kita hanya ingin membuat saudara- saudara seiman kita tuk bisa lebih dekat dengan Rabb kita. Tidak lebih. Kita hanya ingin bagaimana agar agama ini jaya dengan sedikit memberikan waktu, tenaga, dan pikira kita. Tidak lebih. Kita hanya ingin turut menjadikan diri kita berada di barisan orang- oarng yang turut dalam keberhasilan dakwah ini. Tidak lebih. Kita hanya ingin menjaga diri kita dengan mencoba menjaga saudara kita. Tidak lebih.

Kawan, ADK yang ideal mungkin masih jauh dari sosok kita. Namun menunggu sampai hal itu terjadi hanya akan semakin menjauhkan kita dari level itu. Mari berbuat sesuatu dari apa yang telah Allah berikan pada kita. Tidak perllu sibuk memikirkan KELEMAHAN kita, tapi fokus pada KEKUATAN yang kita miliki. Insya Allah, kekuatan yang diimbangi dengan tekad yang kuat untuk terus memperbaiki diri akan menutupi kelemahan kita. Akhirnya, continuous Improvement!
Wallahua’lam

2 komentar:

tahapan kerja, progja tiap divisi, LDK binaan masing2 BP Puskomda, arahan kerja BP Puskomda...dan aksi dalam waktu dekat.

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It