September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Mar 15, 2012

Cemas, Hentikan!

Teringat dengan perkataan seorang peserta syuro' tadi sore kurang lebih seperti ini, "Ketika keyakinan dan kecintaan kita sudah mantap kepada Allah, maka tidak akan ada kecemasan dalam hati kita."
(afwan jika ada yang kurang/ lebih)

Pengantar:
Dakwah tidak sebatas retorika belaka, tapi butuh aksi nyata. Dakwah tidak melihat wajah tampan, cantik namun akhlak yang baik

Kembali, ini masih bercerita tentang program kerja yang semakin hari semakin dekat. Kejar tayang, kata mereka. Saat yang lain disibukkan dengan pikiran2 dan pertimbangan2 yang sangat jauh ke depan, perlu ada orang yang menenangkan perasaan itu semua. Semua akan baik- baik saja. Bukankah yang kita lakukan ini adalah satu kebaikan? Mengapa mereka yang jelas- jelas berbuat keburukan dengan berani dan yakinnya bahwa itu akan berhasil? Bagaimana dengan kita?

Akhi/ ukhti fillah
Kembali mengutip tausyiah di syuro' tadi, akan ada banyak rintangan dan hambatan dalam berdakwah, internal maupun eksternal. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang dari kita agar kekecewaan yang kita dapati tidak lantas membuat kita surut, kelelahan yang kita rasakan tidak dengan serta merta memutuskan kita untuk istirahat dalam waktu panjang, dan berbagai ketidaktercapaian target tidak langsung membuat kita berhenti. Apa hal utama yang harus kita lakukan? Mencintai dakwah? Tidak. Itu adalah poin ke- sekian setelah kita sudah cinta kepada Allah dan Rasul Nya. Kecintaan ini akan meyakinkan kita bahwa apa yang kita lakukan akan ditemani oleh keikhlasan dan kebenaran. Maka, patutkah untuk kita merasa cemas?

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ في نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

"Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Mari berpikir positif! Inilah inti dari apa yang sampaikan pentausyiah tadi. Deadline pelaksanaan progja yang tinggal beberapa hari namun persiapan belum maksimal, dana yang sangat jauh dari yang diperlukan, hilangnya personil satu- persatu, apa yang kita lakukan untuk kondisi ini? Cemas? Jika kita sudah cemas, bagaimana pula dengan adik2 atau staff kita? Jika kita sudah cemas, tentu kerja kita tidak maksimal akibat adanya keragu- raguan. Beginikah yang diharapkan dari seorang kader dakwah yang katanya sudah tarbiyah dalam waktu lama?

Tidak dipungkiri, mungkin perasaan cemas itu pasti akan muncul. Normal. Namun samakah batas kecemasan antara kita dengan mereka yang tidak tarbiyah? Samakah langkah yang kita ambil dalam menghadapi kecemasan dengan mereka yang baru pernah menjalankan progja? Tentu tidak. Harapannya kita sudah kebal dengan persoalan yang ada hari ini. Seperti yang disampaikan oleh seorang akhwat,
Masalah itu selalu ada. Periode lalu dengan masalahnya. Periode sekarang juga dengan masalahnya.
Jadi, sebenarnya bukan kondisi yang memburuk. Hanya saja, dahulu kita tidak disibukkan dengan masalah-masalah itu. Tapi sekarang kita dituntut untuk menghadapi masalah-masalah yang dari dulu juga sudah ada.


Selamat berbahagia! Kita masih muda, kawan. Pemuda yang Produktif lah yang dinantikan. Pemuda yang sangat yakin dengan kebenaran yang dia jalankan dan kepastian akan janji Rabb- Nya. Hilangkan wajah cemas itu, OK!







*Kepada semua pengurus UKMI Ar- Rahman UNIMED, "You Are Not Alone".
Datang ya di Qolbu Line kita.........
Bersama Ust. Hamzah Sagimun, Lc.
Sabtu, 17 Maret 2012 pukul 08.30 Wib @Aula Masjid Kampus

.Persembahan spesial dari teman- teman RPK Universitas.


0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It