September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Mar 10, 2011

Akselerasi Kader : Akselerasi Perkembangan Dakwah



Dakwah kampus semakin menyebar ke seluruh penjuru kampus, menyentuh fakultas- fakultas yang dahulunya belum pernah terpikirkan bakalan terjadi. Respon yang positif dari birokrasi, tanggapan yang baik dari mahasiswa muslim tentu memberi angin segar bagi perkembangan dakwah kampus. Hal ini juga yang menjadi pemicu semangat untuk mempercepat pertumbuhan kader, karena memang penambahan kader melalui perekrutan juga harus diimbangi dengan kapasitas kader yang akan membina. Ketika perekrutan yang dilakukan berhasil, hal ini bukan berti bahwa tugas telah selesai. Perlu adanya pembinaan untuk mereka. Dan tentu saja dakwah butuh mereka yang bisa membina. Ketika perekrutan membludak, itu artinya permintaan untuk membina juga semakin besar. Untuk itu, apakah akselerasi kader adalah solusi yang tepat?????

Menurut KBBI, Akselerasi adalah Percepatan. Akselerasi kader artinya percepatan kader dalam hal penerimaan amanah dakwah. Dalam hal ini, seorang kader yang sebenarnya belum saatnya menerima suatu amanah, namun akibat adanya permintaan dakwah, kader tersebut diberi amnah dengan harapan beliau mampu terus belajar sembari menjalankan amanahnya.

Ada beberapa pertimbangan mengapa harus adanya akselerasi kader:
1. Permintaan
Artinya, ada kondisi darurat dimana potensi kader sangat diharapkan.

2. Pembelajaran
Belajar di dalam. Ini merupakan cara efektif dalam belajar. Ketika sudah terlibat dan berada di dalam, mau- tidak mau seseorang akan belajar dan memberikan yang terbaik untuk dakwah. Namun di sisi lain, hal yang kita khawatirkan adalah ketika seseorang yang sudah diamanahkan, beliau merasa kurang mampu dan segera putus asa. Futur. Hal ini juga yang kita jaga dari keputusan untuk mempercepat pertumbuhan kader.
3. Percaya diri
Kader yang diberi amanah akan merasa bahwa dia memiliki potensi dan diperlukan. Umpan awal yang positif bagi kader. Amanah yang diberikan tetaplah disesuaikan dengan kondisi kader dan selalu dibina.

4. Duplikasi
Dengan mempercepat pertumbuhan kader, maka duplikasi akan berjalan lancar. Ketika senioran sudah harus meninggakan mereka, kondisi mereka memang sudah benar- benar siap. Bukan seperti ayam yang kehilangan induk, yang harus belajar mulai dari nol.
Kesimpulannya, akselerasi kader diperlukan untuk akselerasi dakwah. Dengan harapan semoga kader yang di akselerasi memahami benar posisi dan keadaan yang ada pada dirinya.

**di tengah problematika kekurangan SDM.

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It