September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Sep 28, 2011

Bermanfaat dan Belajar: PPLT UNIMED 2011

Sudah hampir 2 bulan pelaksanaan PPLT UNIMED 2011. Setidaknya, para calon guru sudah mampu beradaptasi di lingkungan baru serta memiliki bekal untuk bisa bekerja dengan baik di tempat masing- masing.
Sedikit menoleh ke belakang, hal apa sebenarnya yang paling penting dari pelaksanaan kegiatan ini? Apakah hanya ingin menuntaskan mata kuliah PPL ? tentu ada hal lain yang perlu dipahami oleh kita selain memenuhi tersebut. Setidaknya ada 2 hal penting  yang haris kita ketahui.


1.       Aspek Kebermanfaatan
“Sebaik- baik kamu adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”
Dari Ibnu Umar bahwa seorang lelaki mendatangi Nabi saw dan berkata,”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah ? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?” Rasulullah saw menjawab,”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menuaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).” (HR. Thabrani)

Hadist itu tampaknya semakin memotivasi kita untuk lebih banyak berbuat kebaikan bagi orang lain. Betapa tidak, di lingkungan yang baru ini kita diminta untuk bisa berbuat sesuatu yang pastinya ia dapat membuat orang lain senang bekerjasama dengan kita. Menjadi seorang guru adalah tugas yang mulia, demikian yang kudengarkan dari guru SD ku dulu yang tidak alain adalah ibuku. Dan hari ini, kita yang sedang menjalankan amanah ini diharapkan mampu memberi yang terbaik walaupun kita tidak mendapat imbalan apapun.

Ada sebuah petikan bijak yang mengatakan, jika kita menanam rumput maka kita ahanya akan memanen rumput. Namun jika kita menanam padi maka kita juga akan memanen rumput. Demikian juga kita. Ketika mampu memberikan yang terbaik untuk siswa- siswi kita, maka mereka akan memberi respon positif. Bahkan pastinya akan ada banyak kebaikan lainnya yang akan kita peroleh. Dalam hal ini kita layaknya menanam padi yang tidak hanya memanen padi tapi juga hal lain yang bermanfaat. Hal yang lebih penting lagi, ketika keikhlasan menemani tentu akan ada ganjaran yang lebih besar lagi dari Yang Maha Kaya, Allah azza wa jalla.
So, what’s you are waiting for?? Let’s contribute guys…


2.       Aspek pembelajaran
Akan banyak pelajaran yang akan kita peroleh dari setiap kegiatan yang kita lakukan. Pelajaran itu tidak hanya sesuatu yang tersurat, namun juga tersirat. Seringkali setiap orang mendapat pelajaran yang berbeda dari satu kegiatan yang dilaksanakan bersama- sama. Dalam hal ini kita berbicara tentang kegiatan yang kita lakukan di lokasi PPLT.
Misalnya di sekolah. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini pastinya menyisakan berbagai kenangan dan pelajaran. Mulai dari kegiatan pagi hari sampai pada les terakhir. Dari kegiatan yang berhubungan dengan belajar mengajar, juga dengan kegiatan lainnya.

Bagi mereka yang  cerdas dalam memaknai sesuatu, pastilah akan banyak pelajran yang diperolehnya. Sebaliknya jika seseorang kurang mampu memaknainya, akan sangat sedikit ilmu yang akan diperolehnya. Seyogyanya kita cerdas dalam memaknai segala sesuatu, termasuk dalam hal ini. Kemampuan kita menemukan sesuatau yang belum pernah kita miliki tentu saja menjadi hal yang sangat berguna nantinya untuk masa depan kita.

Over all, setiap kegiatan yang kita lakukan hendaknya mencakup kedua hal tersebut. Manfaat yang besar dirasakan oleh orang lain atas keberadaan kita, juga pembelajaran yang kita rasakan. Kedua hal ini bisa menjadi tolak ukur berhasil tidaknya kita dalam kegiatan yang kita lakukan. Semoga bermanfaat. Selamat ber- PPLT ria… (28/09san)

0 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It