September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Nov 21, 2011

Tips Memilih Judul Skripsi

Program PPLT usai sudah. Dengan nilai yang cukup dapat dbanggakan, tampaknya tidak salah jika dikatakan bahwa semester ini adalah milik mahasiswa stambuk 2008 (tanpa sedikitpun mengurangi rasa hormat kepada kakak/ abang 2007). Hingga rasa bangga itu harus diimbangi dengan semangat untuk menyelesaikan studi yang ditunjukkan lewat semangat mengerjakan skripsi. Ya, SKRIPSI. 

Sebuah tulisan yang dirasa sebagai momok menakutkan bagi mahasiswa, satu tugas akhir yang selalu menyisakan berbagai pengalaman pahit demi meraih sebuah gelar yang telah diperjuangakn selama kurang lebih 4 tahun. Sepertinya cerita pahit penyusunan skripsi sudah terpatri kuat daam frame para mahasiswa, hingga tak ayal lagi menyebutkan kata SKRIPSI saja seolah sangat berat. Helaan nafas berat selalu mengiringi kata ini. 

Mungkin hal ini tidak begitu berlebihan melihat fakta yang ada di lapangan. Bagaimana tidak, para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi memang menemukan berbagai rintangan dalam merampungkan tulisan ini. Bahkan tidak jarang mereka sampai berkutat lama sekali dalam urusan yang satu ini: Penentuan Judul.
Nah, melihat realita tersebut perlu adanya sebuah perhatian khusus akan bagaimana caranya para mahasiswa mampu menemukan judul yang baik serta mendapat persetujuan dosen pembimbing. Berikut ini adalah beberapa tips memilih judul skripsi secara umum untuk semua jurusan.
1. Pilh judul yang menarik menurut Anda serta dosen pembmbing. Hal ini akan mempermudah konsultasi Anda dengan dosen pembimbing.
2. Pilih judul sesuai dengan minat, kemampuan serta prospek masa depan sesuai jurusan Anda.
3. Pilih judul yang memiliki banyak referensi atau mudah dicari di internet atau sumber lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda dalam pengumpulan data.
4. Carilah beberapa contoh judul skripsi sesuai dengan yang tertera pada tips 1-3 memalui internet. Misalnya: judul skripsi bahasa Inggris tentang writing skill. (Tulisan merah bisa diganti sesuai dengan minat, bakat, serta jurusan Anda).
5. Lakukanlah survei berkaitan dengan judul tersebut. Hal ini akan membantu Anda menentukan tingkat kesulitan judul yang dibuat.
6. Tentukanlah jenis skripsi yang akan Anda buat. Dalam hal ini terkait dengan media yang akan digunakan. Alangkah lebih baik jika Anda menambahkan beberapa kata kunci berbahasa Inggris walaupun Anda bukan jurusan bahasa Inggris.
7. Susunlah kata- kata yang membentuk judul yang menarik melalui langkah- langkah di atas. Hal ini akan meyakinkan dosen pembimbing bahwa tulisan ini memang layak untuk diteliti.

Saatnya mencintai skripsi dan prosesnya. Semoga bermanfaat! (22/11san)

*dedicated to: me, myself 

1 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It