September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Aug 16, 2011

Latihan Terbimbing PPLT UNIMED 2011

Kabar terbaru dari dunia PPL setelah sekian lama off. (lumayan sibuk siiih, ribet ternyata. he). Alhamdulillah, hari ini kegiatan proses belajar mengajar ditiadakan. Para siswa diperbolehkan pulang setelah upacara peringatan HUT RI ke- 66 berakhir. Segera ke kantor guru, dan..... posting sebanyak- banyaknya!!

  Latihan Terbimbing PPLT UNIMED 2011. Sebelum berbicara tentang latihan terbimbing, ada baiknya kita singgung sedikit tentang kegiatan PPLT selama kurang lebih 3 minggu. Yapss, di awal kita disambut oleh pihak sekolah dengan penuh suka cita. Serah terima calon guru dari dosen DPL kepada pihak sekolah pun berlangsung lancar. Dan dilanjutkan dengan pembagian guru pamong untuk setiap calon guru.

Next.... OBSERVASI. Team work yang baik sangat diperlukan di masa ini (dan seterusnya pastinya). Kita diminta untuk mengobservasi lingkungan sekolah, mulai dari bangunan, fasilitas ruangan, dan berbagai kondisi fisik sekolah lainnya. (lebih lengkapnya ada di buku kuning). Untuk mendapatkan informasi ini, kita kudu pintar2 untuk mencari waktu luang dari pihak terkait. Informasi yang diperoleh haruslah valid dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga perlu kerjasama yag baik dengan pihak sekolah. Supaya kerjanya lebih efisien, sebaiknya dibuat pembagian kelompok dalam mencari data- data tersebut.

Kemudian, setelah observasi fisik sekolah selesai, kita akan diberi kesempatan untuk belajar di kelas. Bersama guru pamong, kita memasuki kelas dan mengambil posisi di belakang. Dalam hal ini, kita akan belajar bagaimana cara mengajar yang baik dari guru pamong kita. kadang gak sabar pengen ngajar, tapi belum dapat license. he. Selama kurang lebih 2 minggu, kita akan belajar banyak dari guru pamong tentang teknik mengajar. So, jangan sia- siakan kesempatan ini, guys! (Kalau saya sih, kebetulan guru pamongnya sertifikasi, jadi belajar dari mana2 aja deh.. lebih seru pun. Tapi sekarang alhamdulillah sudah selesai sertifikasi, dan saatnya belajar dari beliau.

Nah, ini dia yang lumayan rumit... Saatnya mengerjakan PROSEM, SILABUS, dan RPP. Ketiga perangkat pembelajaran ini cukup menyita waktu menurut saya. Bener- bener diuji deh kesabaran kita. Kalau saya sendiri, sudah hampir 'nyerah' dan sempat menghentikan itu semua selama hampir 3 hari. Ketika teman2 pada sibuk, saya malah nyantai. Hmmm.. Berlembar- lembar sudah habis, buku semakin menipis.. Hingga sekitar H-3 penyerahan perangkat pembelajaran, saya mulai sibuk kembali. Syukurlah ada teman yang sabar membantu. Gak ngerti- ngerti pulak. Berhubung karena tidak ada guru pamong, saya semakin bingung. Walhasil, ikut punya temen aja. Bolak- balik menghadap Kepsek tuk revisi (itung- itung latihan buat revisi skripsi), Alhamdulillah dapat respon yang baik. Again and again, ulang terussss.. Dan wakasek edukatif pun memeriksa. Lumayan lah, ngetest kerapian dan ketelitian. Hingga akhirnya, dapat tanda tangan beliau dan disertai stempel Kepsek SMK. ALHAMDULILLAH...

Wokeh, kebanyakan pula tentang kegiatan lalu. And now, kita sedang latihan terbimbing. Hmm, syukur udah pernah ngajar bimbel sebelumnya. Subhanallah, disambut positif oleh para siswa serta apresiasi yang baik dari guru pamong. Wewhh, pengen ngajar terusss. 

Tepat sekali mereka yang mengatakan bahwa persiapan adalah kunci kesuksesan. Yapsss, bahan yang untuk disajikan dalam kelas hendaklah dikuasai benar. Mulai dari kuantitasnya maupun kualitasnya. Artinya, materi  jangan terlalu singkat serta isinya juga harus maksimal. Kemudian penguasaan kelas, apresiasi kepada siswa, dan teknik lainnya. Satu lagi, sebelum mulai belajar pastikan bahwa semua siswa siap untuk menerima pelajaran.. ARE YOU READY????

Yah,, tuk latihan terbimbing akan terus dipantau oleh guru pamong hingga kita bener2 mahir. 
Tulisan ini semoga bermanfaat bagi mereka yang sedang PPL maupun bagi adik2 yang akan memasuki dunia ini. Semuanya indah kok...
Stay cooL. (17/08san) 



2 komentar:

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It