September, 2014

Fokus pada Impian, Setia pada Proses, Bayar harga di Awal_ __Untukmu; Ayah, Ibu__ 090111/san

Jan 20, 2013

yang benar yang tenar; seharusnya

jadi teringatnya hari ini panas terik sejak memasuki siang hingga memasuki sore hari. dan akhirnya langit muntah, bumi menampung dengan penuh rasa syukur di sore hari sampai menjelang malam. tanpa gerutu, tiada keluh. dan kini, malam telah tiba. semua baik- baik saja, alhamdulillah. guyuran hujan menjadi rahmat bagi semua sejak ia disambut dengan  penuh rasa syukur. berbeda jika ia sejak awal mendapan umpatan dan ancaman.
yaaah, begitulah hari ini.


lalu saya tiba- tiba teringat dengan saya serta orang- orang di sekeliling. tidak jarang kami melakukan sesuatu yang sebenarnya itu tidak pernah diajarkan oleh agama. namun karena ia sudah sering dilakukan, maka jadilah ia seperti 'ritual'. namun alhamdulillah seiring waktu dan bertambahnya sedikit pengetahuan (sedikiit, ya sedikit), kami mulai menyadari hal itu. 
setelah ditelusuri, ternyata lucu bin aneh juga. banyak hal- hal yang tidak pernah diajarkan agama, eh kami malah kekeh tuk ngerjakannya. pas agama nyuruh sesuatu tapi di sekeliling belum marak dilakukan, eh kami malah menutup mata. dasarrrr!

nah, kami simpulkan bahwa kebiasaan itu belum tentu benar, dan kebenaran itu bukanlah segala sesuatu yang biasa dilakukan. karenanya perlu banyak belajar lagi. jangan salah- salah, udah tua. glek ?<)%^&#$%%%


lanjut ke contoh. banyak tuh di sekeliling yang pacaran, padahal agama gak pernah nyuruh itu. sebaliknya melarang. namun karena ia sudah tampak seperti kebutuhan, katanya, maka jadilah kami, eh saya tidak ikut, mereka melakukan ini. na'udzubillah. lalu saat agama menganjurkan untuk menikah? wah, panjangnya alasan minta ampun. disuruh puasa, eh nyengar- nyengir.

contoh lain, peringatan hari 7, ke 40, atau ke sekian hari bagi yang sudah meninggal kan gak ada tuh dalam agama. tapi entah darimana, katanya budaya jawa hindu, malah kami yang jalankan di sini, penuh semangat dan kekhusyukan. tiba giliran disuruh solat, yang jelas- jelas udah diperintahkan, malah berbalik. rukun Islam kan ada 5 tuh, salah satunya solat. berarti kalau gak solat???? (ahh, takut lidah ini keseleo melanjutkannya)


untuk sementara, kedua kebiasaan itu yang terlihat 'mempesona'. 
ya sudah lah. mouse ini pun sudah kedip- kedip sejak laptop dihidupkan. nampaknya dia perlu beristirahat. jangan terlalu sibuk memikirkan dan menciptakan yang belum ada, tuntaskan yang sudah diajarkan. semoga hidup kami, dan kita semua berkah.

200113/san

1 komentar:

cool..
harus ditenarkan ni tulisan

Post a Comment

 
Baca Juga:
Langganan
Get It